5 Strategi Mempertahankan Bisnis Umkm Di Zaman Pandemi

Asisten Deputi Bidang Pemasaran, Kemenkop UKM, Destry Annasari mengatakan lebih dari 50 persen pelaku UMKM Indonesia mengaku bahwa usaha miliknya terkena imbas dari pandemi. Dengan adanya pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar, mereka yang dapat bertahan hanya usaha dengan pasar yang luas serta usaha yang telah melakukan digitalisasi. Jangan lupa untuk mengumumkan hal ini kepada pelanggan melalui web site dan akun bisnis di media sosial agar mereka tertarik. Di samping itu, Anda juga dapat memanfaatkan Google Bisnisku untuk memberitahu pelanggan yang menanyakan operasional Anda.

Belilah bahan baku secukupnya dan gunakan sistem just in timeuntuk membuat sistem penyimpanan lebih efisien. “Digital advertising ini harus ditangani secara serius, bahkan untuk memaksimalkan pemasaran, kami juga memanfaatkan iklan melalui Facebook Ad dan Adword,” imbuh pemilik usaha Bintang Antik Sejahtera ini. Seluruh produk marmer yang dijual dipajang melalui toko on-line tersebut, mulai dari produk kecil yang berharga ribuan hingga puluhan juta rupiah. Membangun bisnis tidak bisa dilakukan secara instan, namun harus konsisten dan bertahap. Di samping itu sebagai pelaku UMKM Anda juga baiknya tahu perkembangan terkini tentang teknologi, dan membuka diri untuk belajar akan hal-hal baru agar dapat terus bisa bertahan di dunia industri. Tak heran jika para pengusaha akhirnya mencari berbagai jalan untuk tetap bisa bertahan, dan berikut adalah three strategi yang harus dilakukan para pengusaha di tengah krisis Corona.

Master Web Network setiap bulannya, dengan tujuan untuk mengedukasi peserta event tentang informasi seputar dunia digital dan untuk menunjang keberlangsungan bisnis Anda. Bantu mereka menemukan produk dan layanan Anda dan memilihnya daripada yang lain dengan memasukkan nama produk Anda di sana. Konsumen gelisah akibat pandemi, menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempelajari berbagai produk. Mereka selalu mencari untuk membuat perubahan dalam keputusan pembelian mereka.

Mempertahakan bisnis disaat pandemi

Inilah saatnya untuk mengindentifikasikan dengan siapa bisnis dapat membuat kemitraan untuk menghasilkan pendapatan. Hal sama juga dilakukan Paksi Raras, seorang aktivis sosial Jogja Lawan Corona. Sebagai orang yang juga memiliki usaha di bidang konveksi, ia juga melakukan Take massive motion Togel Sdy. Menurutnya, berlatar belakang semangat untuk bersama melawan pandemi Covid-19 ini maka berdirilah Jogja Lawan Corona. Contohya dengan meletakkan formulir berlangganan e-newsletter di website toko on-line Anda.

Dia menambahkan pihaknya menggunakan strategi pemasaran on-line dan membentuk agen– agen resmi di beberapa wilayah Indonesia untuk mengenalkan produknya. Ilmu atau pengetahuan merupakan kekuatan penting sedangkan pasar bagian mesin uang. Karena dengan keberadaan RnD, pemasaran serta penjualan yang mahal tentu akan membuat setiap pengetahuan perihal pasar membutuhkan investasi yang harus segera dilakukan dan itu jumlahnya yang tidak sedikit. Ide produk maupun bisnis pasti memerlukan fondasi layaknya kaki panjang untuk dapat menjadi daya tarik supaya bisa bertahan lebih dari three tahun. Salah satu alasannya karena pasar itu selalu berubah dan pada akhirnya produk akan kehilangan dukungannya. VIVA – Keilmuan pendidikan vokasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dinilai memiliki keterkaitan yang sangat erat satu sama lain.